logo blog
Blog Elektronika Spot
Pastikan untuk tidak melewatkan artikel yang mungkin anda ingin simak dengan melihat :Daftar Isi
Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

MP3-Player Mini Dengan Suplai 12V

Advertisement

MP3-player saku yang murah dan biasa digunakan bersama headset, dapat dimodifikasi menjadi MP3-player untuk tegangan 12V dari baterai/aki. Keluarannya pun dapat diambil untuk dimasukkan ke sebuah amplifier tunggal atau stereo, tak perduli seberapa besar daya output amplifier yang digunakan untuk menguatkannya.
Bagaimana kwalitas suaranya?
Ternyata tidak buruk. Masih standar.
MP3-player murah meriah ini dapat digunakan untuk bermacam-macam keperluan, misalnya untuk pelengkap stereo-set di rumah, untuk para pedagang keliling (menyuarakan dagangan lewat pengeras suara horn kecil), untuk pelantun ayat-ayat Al-Qur’an di masjid, atau untuk yang lainnya.
Berikut ini ulasan lengkap bagaimana membuatnya.

Mengenal bagian dalam MP3-player mini.

bagian_dalam_mp3_player_mini

Gambar di atas memperlihatkan MP3-player mini yang sudah dikeluarkan dari casingnya dan sudah dicopot baterainya. Kenalilah bagian-bagiannya.
Pada sisi bagian bawah, jika tempelan tombol-tombol dibuka, akan tampak lima koneksi tombol. Sedangkan pada sisi atas, bagian-bagiannya adalah sebagai berikut :

-Terminal V+ dan terminal 0V/gnd adalah dua sambungan untuk tegangan suplai.
-Soket mini SD-card atau micro-SD card adalah tempat untuk memasukkan micro-SD card (SD-card kecil yang biasa digunakan untuk memori eksternal HP) yang sudah diisi dengan file-file MP3.
-Switch kecil on-off, untuk menghidupkan rangkaian. Switch ini hendaknya ditaruh pada posisi ‘on’ karena nantinya fungsinya digantikan dengan switch on-off tambahan di luar.
-Soket jack output, yaitu lubang tempat mencolokkan jack kecil stereo. Dari sini sinyal audio diambil untuk diumpankan ke amplifier.

Membuat power-supply 12V untuk MP3-player mini.
Aslinya, MP3-player mini menggunakan baterai kecil 3,7V. Namun dalam prakteknya, ternyata rangkaian elektroniknya masih dapat disuplai dengan tegangan 5V. Agar dapat digunakan dengan tegangan 12V, maka perlu dibuat power-supply khusus tambahan terlebih dahulu, yaitu power-supply penurun tegangan dari 12V ke 5V.
Sebuah penurun tegangan sederhana dapat saja dibuat menggunakan IC regulator tunggal 7805. Cukup simpel memang, karena arus yang dibutuhkan kecil saja.
Bagi yang ingin lebih jauh mengenal tentang IC ini, silakan simak ulasan khususnya dalam : Keluarga IC regulator 78xx dan 79xx .

IC 7805 dapat menerima input tegangan hingga 15V, karena itu masih bisa jika inputnya adalah tegangan baterai/aki 12V. Adapun outputnya berupa tegangan DC 5V yang stabil. Tegangan 5V ini kemudian diberikan untuk menyuplai MP3-player mini.
Perhatikan skema rangkaian serta pola penyolderan pada sepotong kecil PCB titik berikut ini :

power_supply_tambahan_mp3_player_mini

Gambar pola sambungan yang diperlihatkan adalah dalam tampak bawah (bagian tersolder), dapat dibuat dengan mudah pada sepotong PCB titik kecil. Komponen-komponen yang diperlukan adalah :
C1, C2 = 10uF/25V
IC1 = 7805
Sw1 = Switch togel kecil
Catatan bahwa IC 7805 memerlukan keping pendingin (heatsink) tambahan, karena dalam penggunaan yang berlama-lama IC ini akan panas juga.

Apabila rangkaian power-supply penurun tegangan sudah dibuat, kini dipersiapkan bagian MP3-playernya.
Pada setiap koneksi tombol disolderkan dua kabel halus dengan panjang secukupnya, lalu dari setiap dua kabel halus itu disambungkan sebuah tombol “push-on”. Jadi, tombol push-on eksternal ini akan menggantikan fungsi tombol-tombol aslinya.
Di sini dicontohkan, tombol push-on yang digunakan adalah tombol push-on kecil (miniatur). Namun bisa saja menggunakan tombol push-on yang lebih besar.
Tandailah dari tombol-tombol itu, manakah tombol vol+ (untuk membesarkan volume), vol- (untuk mengecilkan volume), prev (mundur) dan next (maju). Jika perlu, beri tulisan.

tombol_eksternal_mp3_player_mini

Jika tombol-tombol push-on sudah terpasang, tinggallah menyambungkan tegangan suplainya.
Tegangan +5V keluaran dari rangkaian power-supply/penurun tegangan disambungkan (dengan kabel) ke terminal V+ pada MP3-player mini, sedangkan bagian 0V/gnd nya disambungkan ke terminal 0V/gnd MP3-player mini.
Setelah itu buatlah sambungan untuk jack stereo kecil dengan kabel coax kecil isi 3 (boleh juga menggunakan 3 kabel halus yang dipilin bersama). Ujung dari tiga kabel ini bermuara di soket jack RCA stereo (L dan R). Kenalilah mana sambungan L, R, dan ground, jangan sampai salah membuat sambungan.

modifikasi_mp3_player_mini

Sampai di sini, selesai sudah.
Tinggal ditest hasilnya.

Pengetesan.
Untuk pengetesan ini, diperlukan sebuah amplifier stereo (apa saja) berikut speaker-set nya.
Masukkan micro-SD card yang sudah diisi dengan file MP3. Sambungkan V in power-supply ke terminal + (positif) aki 12V, dan 0V/gnd power-supply ke terminal negatif aki. Jangan lupa, on-off kecil di badan MP3-player harus dalam posisi on.
Colokkan jack stereo kecil ke lubang jack MP3-player mini, lalu pada soket RCA dicolokkan kabel jack RCA stereo dan disambungkan ke amplifier.
Nyalakan amplifier dan on-kan Sw1 power-supply.
Besarkan volume MP3 player dengan menekan tombol vol+ dan atur volume kontrol pada amplifier.
Jika tidak terjadi kesalahan penyambungan, seharusnya sudah keluar suara yang bagus di speaker.

Apabila sudah selesai, MP3-player mini beserta power-supply nya dapat ditempatkan di satu box khusus secara bersama-sama. Penempatan Sw1, soket RCA dan tombol-tombol MP3-player dapat diatur sesuai kreatifitas masing-masing.

Try it, keep happy soldering!

Tulisan lain sehubungan dengan MP3-player : Merakit MP3-player Sederhana .
Enter your email address to get update from Admin .
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar dengan IDENTITAS YANG JELAS dan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Elektronika Spot - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger