logo blog
Blog Elektronika Spot
Pastikan untuk tidak melewatkan artikel yang mungkin anda ingin simak dengan melihat :Daftar Isi
Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Ekspansi Sound-Card PCI

Advertisement

Ingin sound-card langsung dapat membunyikan speaker biasa?
Tentu saja bisa. Diperlukan sedikit modifikasi dengan penambahan komponen.
Inilah ulasannya.

Di masa awal munculnya sound-card, banyak beredar sound-card 8 bit dan 16 bit ISA-slot yang dilengkapi dengan power-amplifier (po-amp) dalam bentuk IC monolitik audio stereo. Yang paling terkenal adalah sound-card “Creative”, sering menerapkan IC audio po-amp seperti TEA2025, KA2206, atau semisalnya untuk bagian outputnya. Kelebihan sound-card semacam ini dapat langsung disambungkan ke sembarang speaker biasa, 4 atau 8 Ohm tanpa memerlukan penguat lagi sebagaimana terdapat pada speaker khusus PC. Suara yang dihasilkan lebih baik dan lebih keras daripada kebanyakan speaker PC murahan.
Sound-card PCI pun dapat pula dibuat agar berfungsi seperti itu. Hanya perlu ditambahkan sebuah rangkaian amplifier kecil dengan papan rangkaian tersendiri.

sound-card expansion

Pada gambar (A) diperlihatkan sound-card CMI-18738 yang telah disambungkan dengan sebuah modul amplifier tambahan buatan sendiri. Modul amplifier tambahan ini berupa rangkaian IC po-amp stereo (dual) yang disuplai dengan tegangan 12V.
Dari sekian banyak IC po-amp stereo, KIA6282 dipilih sebagai pilihan yang realistis. Alasannya sebagai berikut :
  • KIA6282 mampu mengeluarkan daya audio 4,6W perkanal pada beban speaker 4Ω dengan tegangan suplai 12V.
  • Tarikan arus maksimal IC ini adalah 2A, masih lebih kecil dari kebanyakan IC audio yang dapat disuplai dengan tegangan 12V. Dengan demikian rangkaian IC ini tidak akan terlalu membebani power-supply komputer .
  • Mempunyai susunan pin SIL (single in-line) sehingga lebih mudah merakit rangkaiannya.
  • Tak kalah pentingnya adalah ketersediaannya di pasaran umum, setidaknya begitulah untuk daerah Jakarta Raya dan sekitarnya. Harganya pun tidak mahal.
Merakit rangkaian audio KIA6282.
Berikut ini skema rangkaian amplifier stereo KIA6282 :

stereo KIA6282

Daftar komponen :
R1, R1’ = 27k
R2, R2’ = 1k
R3, R3’ = 82Ω
C1, C1’ = 1µF/50V
C2, C2’ = 471 (keramik)
C3, C3’ = 47µF/10V
C4, C4’ = 100µF/10V
C5 = 220µF/16V
C6, C6’ = 154 (MKT)
C7, C7’ = 1000µF/10V
C8 = 2200µF/16V
IC1 = KIA6282
2 soket/lubang jack speaker kecil

Rangkaian telah dicoba pada sepotong PCB titik kecil, inilah pola sambungannya :

pcb KIA6282

Gambar yang diperlihatkan adalah gambar tampak bawah (bagian tersolder). Buatlah alur-alur sambungan sebagaimana diperlihatkan. Jika ingin membuat layout pada PCB polos, alur-alur sambungan itu dapat dijadikan patokan.

In L, in R, dan gnd adalah sambungan untuk input, menggunakan kabel coax isi 3. Ujung-ujung kabel coax ini disambungkan ke solderan pin-pin lubang jack output pada sound-card, lihatlah gambar (B) di atas.
Untuk sambungan power-supply, dapat digunakan soket/lubang koneksi power ATA hardisk/DVD-ROM. Soket koneksi seperti ini biasanya sering digunakan untuk sambungan kipas tambahan di dalam box PC. Yang digunakan adalah sambungan kabel kuning (12V) dan kabel hitam (ground).
Output rangkaian disambungkan ke soket/lubang jack speaker kecil mono, ada dua output (L dan R) maka digunakan dua soket/lubang jack speaker. Perhatikanlah sambungan positif dan ground-nya, jangan sampai terbalik atau salah pasang karena bisa merusak IC.
Untuk heatsink IC digunakan lempengan alumunium secukupnya, dibentuk sedemikian rupa sehingga tidak banyak menyita ruang. Lihatlah contohnya pada gambar di atas.
Sebagai tempat duduk rangkaian, digunakan lamel penutup lubang ekspansi box PC yang kosong. Heatsink IC ditautkan pada lamel dengan mur/baut. Pada lamel logam ini juga dibuat dua lubang menggunakan bor untuk tempat menautkan soket/lubang jack speaker. Perhitungkanlah letak dan jaraknya.
Apa yang dijelaskan pada bagian ini tidaklah baku. Bisa saja setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk membentuk heatsink IC ataupun menaruh rangkaian amplifier pada tempatnya. Masalah ini terserah saja.
Apabila semua telah OK, pasanglah sound-card dan rangkaian amplifier tambahan di dalam box PC. Berikut ini contoh yang telah dibuat :

ekspansi soundcard pc

Pada dasarnya, jika rangkaian amplifier tambahan telah dibuat, sound-card PCI yang manapun dapat saja diekspansi menggunakan amplifier tambahan ini. Selain telah dicoba dengan sound-card CMI-18738, amplifier tambahan ini juga telah dicoba dengan sound-card ES-1980.

es1980 expansion

Banyak sound-card PCI tetap dapat digunakan pada sistem operasi Win XP, Win Vista, Win 7, dan Win 8.
Sound-card apakah yang anda punya?
Cobalah solderkan kabel coax input rangkaian KIA6282 kepada pin-pin paling pinggir soket/lubang jack output sound-card tersebut. Pasang koneksi power-supply, colokkan dua speaker apa saja (speaker lepasan dari compo atau yang lainnya) melalui jack speaker.
Agar lebih optimal, rubah sambungan kabel plus dan minus salah satu speaker di kotaknya (bukan sambungan plus dan ground pada lubang jack speaker dari rangkaian). Untuk apa ini dilakukan, telah dijelaskan dalam : Memanfaatkan efek akustik ruang pendengaran .

Hidupkan komputer, aturlah equalizer pada software media player, dan...nikmatilah.

Happy soldering!


Tulisan audio lainnya :
Amplifier paling mudah dibuat
BTL LA4225 .

Enter your email address to get update from Admin .
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar dengan IDENTITAS YANG JELAS dan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Elektronika Spot - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger