Search
logo blog
Blog Elektronika Spot
Pastikan untuk tidak melewatkan artikel yang mungkin anda ingin simak dengan melihat :Daftar Isi
Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Memperbaiki Raket Nyamuk

Advertisement

raket nyamuk
Ada orang yang berfikir bahwa raket nyamuk dibeli untuk tidak rusak. Ketika ia rusak, maka sampai di situlah harganya, padahal sebenarnya tidak demikian. Rangkaian elektronik raket nyamuk relatif mudah diperbaiki jika mau.

Prinsip kerja raket nyamuk.
Di dalam raket nyamuk, terdapat rangkaian osilator penghasil tegangan tinggi.
Rangkaian osilator ini disuplai oleh sebuah baterai isi-ulang 2,4V.
Tegangan tinggi yang dihasilkan oleh osilator ini lalu disearahkan sambil digandakan tegangannya beberapa kali, kemudian disalurkan kepada 3 kawat kasa yang saling berdekatan dengan jarak kritis. Kawat kasa bagian dalam/tengah diberi potential positif, sedang 2 di bagian luar (kiri dan kanan) diberi potential negatif.
Apabila ada nyamuk masuk ke area di antara 2 kawat kasa (bagian luar dan tengah), maka tubuh nyamuk akan menjadi penghantar-perantara bagi tegangan tinggi yang terdapat di antara 2 kawat kasa tersebut. Akibatnya akan terjadi loncatan tegangan dari kawat kasa yang satu kepada kawat kasa lainnya melalui tubuh nyamuk. Nyamuk pun akan mati karena ia telah disambar “petir” dalam skala miniatur.

Rangkaian elektronik raket nyamuk.
Ada banyak beredar merek dan tipe raket nyamuk, salah satunya adalah yang rangkaiannya seperti berikut ini :

skema_rangkaian_raket_nyamuk

Perhatikanlah bahwa T1, resistor 1k5 dan transformator (berinti ferit) membentuk sebuah rangkaian osilator yang sangat sederhana. Keluaran dari osilator yang terdapat di antara pin 1 dan pin 2 transformator lalu disearahkan sambil digandakan tegangannya hingga beberapa kali.
Hasilnya adalah tegangan DC dengan level cukup tinggi, diumpankan ke kawat-kawat kasa bagian luar dan dalam.
Rangkaian osilator ini akan bekerja apabila diberi suplai tegangan dari baterai dengan ditekannya tombol pengaktif.

gagang_raket_nyamuk
Kerusakan umum raket nyamuk.
Beberapa kerusakan yang paling sering terjadi pada raket nyamuk adalah :
1.Tidak bisa membunuh nyamuk (tidak ada loncatan api listrik) dan indikator aktifnya tidak menyala ketika tombol pengaktif ditekan.
2.Tidak bisa membunuh nyamuk (tidak ada loncatan api listrik), padahal indikator aktifnya menyala ketika tombol pengaktif ditekan.
3.Baterai tidak tahan lama atau tidak bisa terisi penuh.
4.Mati total.

Langkah perbaikan.
1.Kerusakan pada poin pertama paling sering disebabkan oleh rusaknya tombol tekan pengaktif.
Tombol ini sangat sering rusak karena harus bekerja di luar kemampuannya.
Kerusakan tombol pengaktif dapat diketahui dengan melakukan pengecekan tegangan baterai yang ternyata normal dan switch on-off pun tidak rusak. Lampu senter (jika ada) juga dapat dinyalakan.
Dengan mengganti tombol pengaktif ini biasanya keadaan akan kembali normal.

2.Kerusakan pada poin kedua dapat disebabkan oleh adanya bagian kawat kasa luar yang menempel dengan kawat kasa dalam. Satu utas ujung kawat saja yang menempel akan dapat menyebabkan masalah ini.
bagian_dalam_raket_nyamuk
Kemungkinan lainnya adalah adanya solderan “open” di area rangkaian osilator. Melakukan penyolderan ulang pada setiap titik di area rangkaian osilator biasanya dapat mengatasi masalah solderan open ini.
Kemungkinan lainnya juga bisa terjadi, yaitu adanya komponen rusak di rangkaian osilator . Transistor T1 adalah komponen yang paling sering dicurigai rusak. Bagi yang masih belajar, silakan lihat cara pengetesan transistor di : Pengetesan transistor NPN .

3.Kerusakan poin ketiga paling sering disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah kurang bagus.

4.Untuk mengetahui penyebab kerusakan mati total, pertama ukurlah tegangan yang ada pada baterai. Jika ada, curigailah switch on-off, mungkin rusak.
Jika tegangan baterai tidak ada (nol Volt), periksa rangkaian charger. Kondensator C1 perlu diperiksa karena ada kemungkinan rusak. Bagi yang masih belajar, lihat cara pengetesannya dengan berkunjung ke tulisan di sini : Pengetesan kondensator .

Jika kondensator tersebut tidak rusak, cabut baterai dan cobalah ganti.
Belum teratasi juga?
Silakan tanyakan melalui kolom komentar.
Tidak usah buru-buru bosan.

Keep happy repairing!
Enter your email address to get update from Admin .
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

Mas, kenapa raket nyamuk saya tidak mampu lg mengisi daya, ditandai dengan lampu indikatornya yg tidak menyala sama sekali saat proses charging?? Saat posisi saklar on & tombol pengaktif ditekan lampu masih menyala walau kini sudah redup karena tidak lg mampu mengisi daya. Saya sudah menggantinya dengan baterai yg baru, namun masih belum terselesaikan. Mohon bantuannya mas, trims

Balas

Kalau lampu charging tdk menyala, biasanya karena AC in (220V) tidak masuk. Coba periksa koneksi steker/colokan AC nya, mungkin kendor atau ada bagian kabel yg lepas.

Balas

Mas kenapa transistor punya sy kokpanas ?? Udah diganti dengan transistor baru tetap panas

Balas

Selamat malam pak, maaf bertanya, sebelum nya raket nyamuk saya rusak, sudah saya perbaiki (ternyata saklar ny rusak), selang berapa lama tiba" jadi mati lagi.. gejala nya : lampu senter saya nyalakan, tapi pada saat saya tekan saklar, lampu senter tersebut mati, saya lepas saklar, lampur nya nyala lagi.. mohon pencerahannya.. tks

Balas

Malam. Sepertinya ada yg nempel dgn bagian lain, atau salah sambung atau kurang rapi penyambungannya. Coba teliti lagi satu persatu.

Balas

Untuk pertanyaan selanjutnya akan lebih mudah lewat contact-us. Mohon hubungi lewat contact-us.
Terimakasih.

Balas

mau tanya, raket saya menyala indikatornya, ada percikan tapi kurang besar, sehingga nyamuk gak mati terbunuh. ada rencana pingin ganti baterai ke 18650 terus ditambah tp4056 untuk charger baterai tersebut. kira2 rangkaian aslinya kuat dengan baterai 18650 atau tidak ya?

Balas

Pada saat charge timbul bunyi berisik dan saat d buka..timbul percikan di depan dioda

Balas

Led batre nyala, on/ of normal, ada suara ngeses bila di on kan, percikan lemah & tdk ada bunyi bila nyamuk masuk ke kawat, pdhl batre baru, masalahnya apa ya gan...??

Balas

Walau pun pada dasarnya sama rangkaian inverter. Tetapi saya pernah lihat. Ada yang gunakan 1 R, dan R + C. . Tegangan keluaran bisa mencapai 220 - 1 kv. Sebelum melewati dioda atau dc hv. Tapi tidak bisa digunakan untuk keperluan perangkat listrik. Mungkin karena Amperanya, hanya mA. Atau frekuensi berbeda. Atau jawaban utamanya mungkin karena memiliki kadarnya masing-masing.
Memang penyakit umumnya pada switch. Atau saklar (terdapat pada swicth program tv)

Balas

Silakan komentar dengan IDENTITAS YANG JELAS dan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Elektronika Spot - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger