Search
logo blog
Blog Elektronika Spot
Pastikan untuk tidak melewatkan artikel yang mungkin anda ingin simak dengan melihat :Daftar Isi
Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Memperbaiki Lampu LED 220VAC

Advertisement

bohlam led
Memperbaiki lampu LED AC 220V sebenarnya tidaklah sulit, siapa saja yang pernah belajar “menyolder” dan menggunakan AVO-meter dapat memperbaikinya. Bagi sebagian orang lampu ini masih terbilang mahal, alangkah baiknya jika dapat memperbaikinya sendiri sehingga lampu-lampu yang rusak dapat dimanfaatkan kembali.
Tulisan ini akan mengulas bagaimana caranya memperbaiki lampu bohlam LED 220V yang sudah rusak/mati agar dapat menyala kembali.

Sistem lampu LED AC 220V.
Sebenarnya, LED yang digunakan pada lampu LED 220V adalah LED tegangan rendah juga sebagaimana umumnya LED-LED yang lain. Hanya saja, LED yang digunakan itu bentuknya khusus, yaitu berbentuk persegi pipih.
Ketika LED ini hendak digunakan dengan suplai tegangan tinggi, banyak LED dirangkai secara seri agar dapat disuplai oleh sumber tegangan yang lebih tinggi.
Apabila satu LED hanya bisa disuplai oleh tegangan 3V, maka dua LED seri akan dapat disuplai oleh tegangan 6V, tiga LED seri akan dapat disuplai oleh tegangan 9V, empat LED oleh tegangan 12V, dan seterusnya.
Bagaimana jika LED-nya sebanyak 12?
Tegangan suplainya adalah 12 x 3 = 36V
Bagaimana jika LED-nya 40?
Tegangan suplainya adalah 40 x 3 = 120V.

led lamp schematic

Di sini diberikan contoh lampu LED yang menggunakan 40 LED seri. Lihatlah rangkaiannya pada gambar di atas. Rangkaian 40 LED seri ini membutuhkan tegangan suplai DC 120V (maksimal 135V). Tegangan suplai itu disediakan oleh sebuah unit power-supply yang berupa rangkaian penurun dan penyearah tegangan AC ke DC, dibangun oleh komponen-komponen pasif C1, C2, R1...R3, serta D1...D4.
Tegangan AC 220V diturunkan langsung tegangannya tanpa menggunakan trafo, tetapi menggunakan kondensator non-polar C1. Tegangan yang sudah diturunkan itu lalu disearahkan oleh empat dioda D1...D4 agar menjadi DC dan kemudian diratakan oleh C2.
Hasilnya adalah tegangan DC untuk mensuplai unit lampu.

led lamp, inside

Kerusakan umum dan langkah perbaikan lampu LED AC 220V.
Kerusakan yang paling umum dari lampu LED hanya satu, yaitu mati (tidak menyala).
Kerusakan lainnya adalah cahaya lampu agak meredup.

Lampu LED yang tidak menyala, biasanya disebabkan oleh rusaknya salah satu LED dari sekian banyak LED yang tersusun. Dalam pola rangkaian seri, jika ada satu LED saja yang mati, maka seluruh LED lainnya akan ikut tidak menyala.
Untuk mencari manakah LED yang rusak itu, maka harus dilakukan pengetesan satu-persatu menggunakan AVO-meter posisi Ohm x1 atau Ohm x10. LED masih baik apabila ketika anodanya ditempelkan ujung tuas tester hitam dan katodanya ditempelkan ujung tuas tester merah ia menyala.
Karena anoda dan katoda LED tidak bertanda, bisa saja pengetesan dilakukan dengan membolak-balik penempatan ujung tuas tester. Jika masih baik, pada salah satu penempatan ujung tuas tester LED akan menyala. Jika sudah rusak, LED tidak akan menyala meskipun penempatan ujung tuas tester sudah dicoba dibolak-balik.
Tandailah LED rusak tersebut, lalu cabut dengan memanaskan bagian-bagian solderannya menggunakan dua solderan secara berbarengan hingga timah-timahnya meleleh. Jika sudah meleleh, geser LED hingga keluar dari tempatnya.
Apabila cara itu sulit dilakukan, tidak mengapa untuk merusak LED hingga hancur/pecah. Lalu sisa-sisa yang masih menempel dibersihkan atau dirapikan dengan ujung solder yang sudah sangat panas.

perbaikan lampu led1

Lantas, bagaimana mengganti LED yang sudah rusak itu?
LED yang sudah rusak bisa diganti dengan LED sejenis hasil ‘cabutan’ dari lampu bekas lainnya yang lebih sulit diperbaiki. kadang diperlukan ‘tumbal’ untuk memperbaiki beberapa lampu agar hidup lagi.
Tetapi tidak masalah juga jika diganti dengan LED putih/LED neon biasa sebagaimana yang banyak dijual di toko-toko elektronik. Hasilnya masih cukup natural, tidak mengecewakan.
Pendekkan terlebih dahulu kaki-kaki (elektroda) LED hingga sependek mungkin, lalu solderkan di tempat yang sudah dicabut LED rusaknya. Apabila posisi anoda-katodanya terpasang secara benar maka lampu akan menyala. Apabila posisinya salah, lampu tetap tidak akan menyala.
Jangan terlalu lama menyolderkan LED yang sudah dipendekkan kaki-kakinya itu karena dapat beresiko LED akan menjadi rusak.

Update :
Pada lampu yang sudah menahun, seringkali LED yang sudah diganti akan rusak dan rusak lagi. Ini disebabkan karena kondisi papan rangkaian LED yang sudah banyak berubah dan tidak fit lagi.
Untuk mengatasinya, LED yang rusak diganti dengan dua LED yang diparalel. Kemudian C1 diganti dengan kondensator yang kapasitasnya lebih kecil. Misalnya jika C1 kapasitasnya 335/400V, gantilah ia dengan 275/400V atau 225/400V atau lebih kecil lagi (dicoba-coba).

perbaikan lampu led2

Adapun kerusakan lampu LED yang meredup, dapat disebabkan oleh kondensator filter di unit power-supply sudah rusak atau menurun kapasitasnya. Pada gambar skema rangkaian di atas, kondensator itu adalah C2. Dengan mengganti kondensator ini, lampu akan kembali bercahaya terang normal.

Happy repairing!


Perbaikan-perbaikan yang lain sehubungan dengan lampu penerangan atau LED :
Memperbaiki lampu neon PLC yang rusak
Agar senter LED tidak mudah rusak .

Enter your email address to get update from Admin .
Print PDF
Next
« Next Post
Previous
Prev Post »

24 komentar

Mas, saya masih belum ngerti, kok kondensator busa dipakai untuk menurunkan tegangan AC. Penjelasanya gimana ya mas?

Balas

Ya. Kondensator itu mempunyai apa yg disebut "rektansi kapasitansi", yaitu sifat hambatan (dinyatakan dalam Ohm) bagi frekwensi tertentu. Reaktansi kapasitansi berbeda-beda nilainya, tergantung nilai kapasitas kondensator dan frekwensi ac yg melaluinya. Silakan lebih jelas ikuti tulisan : Mengenal Kondensator , cari melalui DAFTAR ISI.

Balas

Saya sudah baca artikle kondensator, disitu dijelaskan bahwa capasitor adalah beban untuk arus ac, nah pertanyaan lagi mas, lebih efektif mana dg menurunkan tegangan menggunakan resistor

Balas

Untuk menurunkan tegangan AC tinggi (misalnya 220V) ke taraf yg jauh lebih rendah, akan lebih efektif jika menggunakan kondensator karena panas yg timbul lebih kecil.
Kita tentu tahu bahwa panas adalah bagian dari energi yg dalam hal ini terpaksa harus dibuang karena tidak diperlukan.

Balas

Oh bgitu to, sip mas. Trimakasih atas penjelasanya yg kompeehensif

Balas

Gan lampu LED saya sering sekali meledak kapasitor filter C2 nya, kenapa ya gan?

Balas

Itu bisa disebabkan oleh C1 yg rusak (short/hubung-singkat), atau di antara D1...D4 ada yg rusak (short).

Balas

pak kalo lampu led tl yg pnjang nya sekitar 120cm isi lampu led sekitar 90 buah
dibuat rangakaian sendiri seperti diatas mebutuhkan smua komponen kapasitas brpa aja pak trimaksih

Balas

Terima kasih informasinya ya

Balas

kl lampu led rumah berkedip kedip apanya ya gan? thx

Balas

Buat mas Poenjol, lihat jawaban untuk mas Slamet Supriyadi dari pertanyaan sebelumnya.

Balas

Mantap suatu yang berguna adalah jika ilmu menjadi kan semua orang mengarungi waktu

Balas

Bang kalo lampu LED pertama dinyalakan normal, 10 detik kemudian ada beberapa LED (2-3 LED) berkedip semakin lama kedipnya semakin cepat itu kenapa ya bang..

Balas

Kemungkinannya : 1.Elco filter lemah, coba ganti dulu dgn yg sama. 2.Led2 yg berkedip itu sudah kurang normal, ganti aja.

Balas

Agar lebih mudah, mohon pertanyaannya dikirim saja melalui contact-us. Jawabannya akan dikirim via email.
Terima kasih.

Balas

Gan mau nanya lampu led saya baru dua hari kok berkedip itu kenapa ya

Balas

Timer switch otomatis saya tidak mampu memicu relay utk nyala (on) namun jika diketuk2 bisa on, dan saat off normal. Apakah kerusakan pada C1 atau komponen lainnya?

Balas

Mas kalau mau nurunin tegangan 220ac ke 120, pake kapasitor ukuran berapa?

Balas

Mas bro, sy ada lampu led 5 watt (modul ac), pertanyaannya :
1. Capasitor C1 1,2uf/400v tegangan kerja led 2,9v, lalu sy ganti dgn 1,5uf/400v, dgn asumsi led lebih terang menjadi 3,2v, hasil led lebih terang, apakah aman utk umur led?
2. R3 paralel dgn C2, fungsi R3 tsb utk apa ya?
Terima kasih

Balas

Mau tanya mas.lmpu bohlam led yg di charger kok gak bisa nyala ya.padahal semua komponennya sy terter hidup semua.dan baterainya jugak msih oke.mohon pncerahannya.trimaksih

Balas

Halo mas lampu LED bisakah di ganti LED atrawhatt yg 8 Mili..karena LED PD putus, disini terpasang 12 LEd?makasih

Balas

R1 itu yang 10 ohm gunanya untuk apa pak? Mengapa tidak mencukupkan dengna R2 yang dipasang paralel dengan kapasitor?

Balas

Tanpa R1 sebenarnya bisa saja, tapi di sini R1 dipasang untuk dua fungsi :
1.Mengurangi sedikit tarikan awal ketika C2 mengisi muatan.
2.Sebagai 'fuse' pengaman jika terjadi hubung singkat karena adanya kerusakan komponen selain LED.

Balas

Silakan komentar dengan IDENTITAS YANG JELAS dan tidak menyertakan live-link atau spam.

Contact form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2013. Elektronika Spot - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger