logo blog
Blog Elektronika Spot
Pastikan untuk tidak melewatkan artikel yang mungkin anda ingin simak dengan melihat :Daftar Isi
Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Kotak kombinasi kabel serbaguna

Advertisement

combination jack box
Seorang praktisi yang sering melakukan percobaan atau pengetesan-pengetesan rangkaian audio seringkali merasa disulitkan dengan urusan kabel input dan output.
Memang ada kabel-kabel input/output kombinasi yang telah dijual orang di pasaran umum, di mana satu ujungnya terdapat jack stereo kecil sedangkan diujung lainnya terdapat jack RCA. Tetapi ini ternyata belum mencukupi karena beragamnya sambungan input dan output perangkat audio. Ketika melakukan pengetesan terhadap modul rangkaian power-amplifier atau booster-amplifier mobil, kabel saja ternyata tidaklah cukup. Umumnya rangkaian elektronik di dalamnya tidak dilengkapi dengan pengaturan volume input, sehingga ketika dilakukan pengetesan suara bisa langsung terlalu membesar tanpa bisa terkontrol dengan cepat.
Apakah setiap kali melakukan pengetesan terhadap perangkat-perangkat elektronik itu harus selalu dimulai dengan menyolder-nyolder potentiometer di bagian inputnya terlebih dahulu?
Tentu tidak perlu demikian karena terlalu merepotkan. Untuk itu perlu dibuat perangkat sambungan-sambungan kabel khusus yang dapat memenuhi keperluan itu semua.

Kotak kombinasi kabel ini cukup banyak membantu, setidaknya begitulah bagi saya.
Kotak kombinasi kabel dapat memudahkan kegiatan merakit atau memperbaiki modul power-amplifier yang terpisah, juga dapat memudahkan pengetesan ketika meraparasi perangkat audio-amplifier mobil sebagaimana diulas dalam : Memperbaiki audio-amplifier mobil .

Rangkaiannya sederhana saja, hanya sambungan kabel-kabel dari satu jenis lubang jack ke jenis lubang jack lainnya dengan penambahan dua resistor dan sebuah potentiometer stereo.

jack combination ciircuits

Daftar komponen :
R1, R2 = 220Ω
VR1a-b = potentiometer stereo 50k
Plug-in 1 = lubang jack stereo kecil
Plug-in 2 = Soket jack RCA stereo

Keterangan rangkaian kombinasi kabel.
R1 dan R2 adalah resistor 0,5W, dipasang sekedar untuk memberikan resistansi apabila dari plug-in 1 dimasukkan sinyal berlevel agak tinggi seperti dari output untuk headphone/earphone atau dari output untuk speaker sedangkan potentiometer ditaruh pada posisi paling maksimum atau paling minimum.
Dengan rangkaian ini plug-in 1 ataupun plug-in 2 masing-masingnya dapat berfungsi ganda, bisa sebagai input bisa juga sebagai output.
Sebuah kabel input yang di kedua ujungnya jack stereo kecil dan sebuah kabel input yang di kedua ujungnya jack RCA akan menyertai rangkaian ini untuk berbagai keperluan penyambungan output ke input, di antaranya : Penyambungan output mp3-player/radio tape-deck, sound PC/laptop, hand-phone, audio-out TV atau rangkaian-rangkaian pre-amp dan audio-mixer langsung ke input power-amplifier atau amplifier mobil. Pengaturan level dilakukan oleh VR1.
Gunakan potentiometer stereo yang berkwalitas agar kedua belah channel (L dan R) selalu seimbang dan presisi dalam setiap langkah pengaturannya. Potentiometer stereo dapat di-check kepresisiannya, lihat dalam : Pengetesan potentiometer .

Pada penyetelan VR1 maksimum, pemasangan R1, R2 dan VR1 tidak akan menjadi beban yang dapat memperkecil level sinyal sumber dengan terlalu menyolok bagi kebanyakan jenis output.

Konstruksi.
Rangkaian dapat ditempatkan pada sebuah kotak plastik kecil. Pada contoh yang dibuat digunakan kotak plastik kecil berukuran 5x7,5cm. Jika sulit mendapatkan kotak plastik kecil yang seperti ini bisa juga menggunakan kotak tempat kartu nama yang sudah tidak terpakai.
Untuk menghindari terpungutnya derau/dengung oleh sambungan perkabelan di dalam kotak, kotak bisa dilapisi dengan lembaran alumuniun foil yang sering dijual di banyak toko material bahan bangunan. Bagian alumuniumnya dihubungkan dengan kabel ke ground.

Keep happy soldering!

Enter your email address to get update from Admin .
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar dengan IDENTITAS YANG JELAS dan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Elektronika Spot - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger