logo blog
Blog Elektronika Spot
Pastikan untuk tidak melewatkan artikel yang mungkin anda ingin simak dengan melihat :Daftar Isi
Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Membersihkan Kaset Lama Dari Kotoran Serbuk Ferro-Magnetic

Advertisement

merekondisi kaset
Apa yang akan diulas ini adalah sebagai persiapan ketika rekaman di dalam kaset lama hendak ditransfer ke mp3.
Mengapa ini perlu dilakukan dan bagaimana caranya?
Berikut ini sekilas ulasannya.

Media player digital yang semakin marak kini telah menggeser media player analog yang semakin lama dianggap semakin usang. Seiring dengan itu media penyimpanan suara pun bergeser dari pita magnetik seperti kaset (cassette) ke media penyimpanan digital seperti CD, memory-card atau flashdisk.
Orang pun lalu berusaha untuk memindahkan rekaman-rekaman suara yang berada di dalam kaset-kaset yang dimilikinya ke dalam format digital seperti wma atau mp3.
Namun banyak di antara kaset-kaset lama yang berusaha untuk dipindahkan rekaman suaranya itu ternyata seperti tidak layak lagi untuk di-play oleh cassette-player. Di antara keluhannya adalah :
  • Berat untuk di-play sehingga suara menjadi sering mengalun tidak stabil
  • Sering macet sehingga membuat player stop dengan sendirinya
  • Suara rekaman sangat tumpul (suara mengecil dengan bagian nada-nada treble yang sangat berkurang)
Masalah-masalah ini sebenarnya wajar saja ada pada kaset-kaset yang telah berusia puluhan tahun dan telah lama disimpan pula.


cassette recondition

Kaset yang berat untuk di-play biasanya disebabkan oleh melengketnya gulungan pita pada kaset atau banyaknya kotoran di sekeliling gulungan.
Dan kaset yang sering macet ketika di-play dapat disebabkan oleh tidak lancarnya rol gulung dalam berputar karena kotoran di sekeliling gulungan atau karena terhimpit helai lapisan pinggir di dalam kaset yang telah menjadi kaku.
Tetapi harus dipastikan terlebih dahulu bahwa yang bermasalah memang kasetnya, bukan player-nya. Jika yang bermasalah adalah player-nya maka player tersebut perlu untuk diperbaiki juga.
Ada tulisan tentang memperbaiki cassette/tape-player, di sini : Memperbaiki tape recorder .

Untuk mengatasi masalah seperti yang disebutkan di atas dapat dilakukan hal sebagai berikut :
Tekan-tekan atau pijat-pijat bagian luar kaset di sekeliling kedua rol gulung. Memijat-mijat bagian luar kaset juga dilakukan hingga ke bagian tengah dan pinggir kaset.
Setelah beberapa lama, test apakah kedua rol gulung sudah lancar berputar ataukah belum. Jika belum lancar maka teruskan memijat, jika sudah lancar maka cukupkan saja.
Rol gulung akan dirasakan telah cukup lancar berputar apabila bisa dengan mudah diputar menggunakan jari kelingking.

Suara rekaman yang tumpul biasanya disebabkan oleh sebagian elemen yang membentuk sifat ferro-magnetik pada pita kaset telah rontok dan lalu menjadi serbuk halus yang menempel di permukaan pita kaset. Ketika kaset di-play maka serbuk-serbuk halus ini akan berpindah menempel pada permukaan head, sebagian lagi memenuhi bantalan kaset. Head pun menjadi tidak optimal lagi dalam memungut informasi sinyal suara dari permukaan pita kaset lantaran telah tertutupi serbuk-serbuk yang menempel itu. Akibatnya suara yang dipungut oleh head pun menjadi tumpul.
Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan langkah-langkah berikut :
Letakkan sedikit kapas pada celah di atas bantalan dan pita kaset seperti diperlihatkan pada gambar (2) di atas. Setelah itu rekatkan kapas dengan menggunakan tape isolasi seperti diperlihatkan pada gambar (3). Tidak usah terlalu kuat, agak kendur saja.
Masukkan kaset ke dalam cassette-player apa saja seperti mini-compo, radio-tape recorder atau tape-deck. Lakukan “fast-forward” atau menggulung maju kaset hingga gulungan berakhir. Setelah itu lakukan “rewind” atau menggulung ulang mundur kaset hingga gulungan penuh. Setelah selesai satu tahap penggulungan bolak-balik ini keluarkan kaset dan periksalah keadaan kapas, apakah telah banyak kotoran berwarna kecoklatan?
Jika telah banyak kotoran gantilah kapas dengan yang baru dan lakukan tahap penggulungan bolak-balik lagi. Pada setiap tahap penggulungan kapas perlu diperiksa. Sesekali bantalan kaset juga perlu dibersihkan dari kotoran dengan cara digosok-gosok permukaannya hingga serbuk kotoran rontok.
Penggulungan bolak-balik bisa dilakukan hingga beberapa kali. Penggulungan bolak-balik ini dianggap telah cukup apabila pada kapas sudah tidak terdapat noda kecoklatan lagi.
Jika sudah begitu, kaset dinyatakan telah layak untuk di-play. Namun jangan lupa untuk menaikkan sedikit bantalan kaset agar pita dapat bergerak rapat bersentuhan dengan head ketika kaset di-play. Juga jangan lupa untuk membersihkan permukaan pungut head yang sebelumnya telah kotor.

Dengan melakukan penggulungan bolak balik seperti ini, kelengketan gulungan pita juga menjadi terurai.
Kini, tinggallah harapan tertumpu pada kenyataan tentang masih baik atau tidaknya kwalitas rekaman yang ada di dalam pita kaset...
Siap untuk melakukan pemindahan ke mp3?
Silahkan simak tips-nya sebagai bahan masukan dalam : Memindahkan rekaman dalam pita kaset menjadi mp3 .

Keep repairing!

Enter your email address to get update from Admin .
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar dengan IDENTITAS YANG JELAS dan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Elektronika Spot - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger