logo blog
Blog Elektronika Spot
Pastikan untuk tidak melewatkan artikel yang mungkin anda ingin simak dengan melihat :Daftar Isi
Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Membuat Resistor Dari Batang Pinsil

Advertisement

pencils
Resistor dengan nilai resistansi di luar standar adakalanya diperlukan. Jika malas untuk menghitung-hitung dan merangkai beberapa resistor standar yang ada agar didapatkan nilai resistansi yang diinginkan, bisa juga dicoba cara yang satu ini, yaitu dengan membuat sendiri resistor menggunakan bagian dalam pinsil.

Pinsil kayu untuk menulis, bagian dalamnya ternyata dibuat dari bahan utama karbon. Karena itu ia dapat dimanfaatkan sebagai resistor.
Resistor dengan nilai resistansi mulai dari beberapa Ohm hingga beberapa puluh Ohm dapat dibuat dengan mudah menggunakan batang karbon bagian dalam pinsil. Tidak perlu pinsil baru yang panjang, yang penting adalah bagian dalamnya masih utuh meskipun pendek saja.
Caranya adalah sebagai berikut :
  • Pecahkan kayu pinsil hingga batang karbon kecil pada bagian dalamnya terpisah. Ambil batang karbon pinsil tersebut dan potong beberapa centimeter.
    Ambil serabut bagian dalam dari sepotong kabel ukuran kecil yang berserabut. Buatlah dua bagian potongan yang masing-masingnya sekitar 3 centimeter.
  • Tautkan satu bagian serabut kabel pada salah satu ujung batang karbon pinsil dan dipilin dengan erat. Satu bagian serabut kabel lainnya ditautkan pada ujung batang karbon yang sebelahnya dan lalu dipilin dengan erat juga. Kini, resistor telah jadi dan dua serabut kabel menjadi dua kaki elektrodanya.
  • Gunakan AVO-meter pada posisi Ohm X1 dan ukur resistansi yang dihasilkan. Atur-atur jarak antara dua serabut kabel untuk mendapatkan nilai resistansi yang diinginkan. Semakin pendek jaraknya maka akan semakin kecil nilai resistansi yang didapatkan.
pincil resistor

Untuk mendapatkan nilai resistansi yang semakin besar diperlukan batang karbon pinsil yang semakin panjang pula.
Perlu dicatat di sini bahwa tidak semua batang karbon pinsil mempunyai resistansi yang serupa. Ada perbedaan antara pinsil jenis HB, 2B, 3B atau yang lainnya, karena itu diperlukan percobaan-percobaan untuk mendapatkan hasil agar sesuai dengan yang diinginkan.
Pada contoh yang telah dibuat, didapatkan nilai resistansi sebesar 7,5Ω dari batang karbon pinsil HB sepanjang 2cm. Setelah pembuatan resistor dianggap telah selesai, setiap bagian serabut kabel yang tertaut kepada batang karbon pinsil dapat ditutup/dilapisi dengan lem bakar atau (yang terbaik) menggunakan lem Dextone.
Ada yang mau coba?

Happy learning!

Tulisan lain sehubungan dengan resistor :
Mengenal resistor
Jenis-jenis resistor .

Enter your email address to get update from Admin .
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar dengan IDENTITAS YANG JELAS dan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Elektronika Spot - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger