Search
logo blog
Blog Elektronika Spot
Pastikan untuk tidak melewatkan artikel yang mungkin anda ingin simak dengan melihat :Daftar Isi
Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Memperbaiki Rice-Cooker

Advertisement

Memperbaiki “rice-cooker” (penanak-nasi elektrik) tidaklah sulit, modalnya hanya berani membongkar dan sedikit ketelitian. Jika sudah bisa membongkar dan menutupnya (memasangnya) kembali tanpa ada masalah, kemungkinan besar sebenarnya sudah mampu untuk memperbaiki sebuah rice-cooker, sebab bagi para pemula memang di situlah faktor kesulitan terbesarnya.
Pada tulisan sebelumnya telah dibahas tentang bagaimana memperbaiki water dispenser, dalam : Memperbaiki Water Dispenser.

Lanjutannya kali ini mungkin akan menjadi tidak terlalu sulit lagi jika sudah mulai terbiasa membongkar-pasang peralatan elektronik.

Bagian elektrik rice-cooker tidaklah terlalu rumit.
Tetapi sebagai awalan yang tepat dalam tekhnik reparasi peralatan elektronik apapun, ada baiknya untuk bisa mengerti (meskipun sedikit) tentang cara kerja peralatan elektronik yang akan diperbaiki.

rice cooker schematic

Gambar di atas adalah skema elektrik salah satu tipe rice-cooker berikut magic-jar yang banyak beredar di pasaran.
Bagian elektrik terpenting dari rice-cooker adalah “leaf-switch”, sensor panas magnetik, dan “heating-element” (elemen pemanas).
Leaf-switch adalah saklar utama yang terkait dengan tuas/tangkai pemindah posisi “cook” (memasak) atau “warm” (menghangatkan). Apabila tangkai pemindah posisi ditekan ke bawah (posisi “cook”) maka kontak leaf-switch akan menyambungkan sumber AC 220V ke elemen pemanas untuk memasak (heating-element). Elemen pemanas ini akan memanasi logam tempat duduk panci dengan panas yang tinggi. Panci nasi dari besi yang berisi beras dan air akan terpanasi pada bagian bawahnya, sementara itu sensor panas magnetik yang berada di tengah lubang logam tempat duduk panci akan menempel pada bagian bawah-tengah panci karena sifat kemagnetannya. Sensor panas magnetik tertaut kepada ujung tangkai pemindah posisi. Dengan demikian tangkai pemindah posisi akan tetap pada posisinya selama sensor panas magnetik masih mempunyai medan magnet dan menempel di bagian bawah panci.
Inilah saat-saat nasi sedang dimasak, Led1 menyala.

Setelah sekian waktu panci terpanasi dan begitu juga sensor panas magnetik yang menempel di bagian bawahnya maka air di dalam panci akan menyusut drastis, menandakan nasi sudah siap matang.
Sensor panas magnetik akan mendapatkan limpahan panas yang lebih besar dari panci hingga hilang sifat kemagnetannya. Pada saat itulah tangkai pemindah posisi akan jatuh ke posisi bawah (posisi “warm”) karena sensor panas magnetik sudah tidak menempel lagi pada panci. Led2 akan menyala yang menandakan memasak telah selesai.

Pada posisi warm itu, tombol kecil yang ada pada leaf-switch tertekan oleh tangkai pemindah posisi yang jatuh ke bawah sehingga kontak pun berpindah sambungan. Kontak leaf-switch kini menyambungkan sumber AC 220V kepada elemen penghangat (warming-element). Namun di situ ada reed-relay (relay lidi) yang berada di dalam sebuah magnet silindris yang menempel pada sisi bagian dalam rice-cooker.
Akibat terkena panas pada tinggi tertentu magnet silindris ini akan kehilangan sifat kemagnetannya sehingga reed-relay memutus sambungan ke elemen penghangat.
Nasi tidak dihangatkan apabila panas masih tinggi.
Apabila suhu telah turun hingga ke batas minimal tertentu, maka magnet silindris akan kembali mempunyai medan magnet yang cukup untuk menggerakkan kontak reed-relay menyambungkan tegangan AC 220V kepada elemen penghangat.
Penghangatan nasi baru mulai terjadi pada poin ini.

Kerusakan umum rice-cooker.
Sebelumnya perlu dikenali terlebih dahulu bagian-bagian dari rice-cooker, perhatikanlah gambar berikut :

parts of rice cooker

A adalah thermal-fuse, B adalah terminal-terminal elemen pemanas (heating-element), C adalah Leaf-switch, dan D adalah ujung tangkai pemindah posisi di mana sensor panas magnetik tertaut.

Di antara kerusakan rice-cooker yang sering terjadi adalah :
  • 1.Tidak bisa memasak dan tidak bisa menghangatkan (disfungsi total).
  • 2.Nasi belum matang tetapi tangkai pemindah posisi sudah kembali ke posisi warm.
Kerusakan pada poin pertama disebabkan oleh tegangan AC 220 yang tidak masuk ke dalam rangkaian elektrik rice-cooker. Hal ini biasanya terjadi karena thermal-fuse (sikring panas) telah putus. Dengan mengganti thermal-fuse maka semua akan kembali normal. Namun ada hal yang perlu diperhatikan bahwa penggantian thermal-fuse tidak boleh dengan cara disolder. Penyambungan antara kabel dengan salah satu kaki elektroda thermal-fuse harus dengan cara dijepitkan, perhatikanlah cara penyambungan aslinya dan buatlah yang sama seperti itu.

Kerusakan pada poin kedua disebabkan karena sensor panas magnetik sudah tidak bagus lagi kemagnetannya. Dengan mengganti sensor panas magnetik dengan yang baru (bukan yang bekas) maka proses memasak akan kembali normal. Perhatikanlah dengan baik bagaimana sensor panas magnetik itu tertaut kepada tangkai pemindah posisi. Lepaskanlah dengan hati-hati dan pasang yang baru persis sebagaimana pemasangan yang lama.
Terakhir, perlu dilakukan pengetesan terhadap elemen pemanas agar penggantian komponen yang rusak tidak sia-sia. Gunakan AVO-meter pada posisi Ohm X10, tempelkan kedua ujung tuas AVO-meter kepada dua terminal elemen pemanas. Apabila jarum penunjuk AVO-meter bergerak, berarti elemen pemanas masih baik.
Tetapi apabila jarum penunjuk tidak bergerak maka tidak perlu repot-repot mengganti komponen yang rusak, cukup ucapkan saja selamat tinggal kepada rice-cooker....

Keep happy repairing!


Tulisan tentang perbaikan peralatan elektrik rumah-tangga yang lain :
Memperbaiki Setrika listrik
Memperbaiki kipas angin .


Enter your email address to get update from Admin .
Print PDF
Next
« Next Post
Previous
Prev Post »

28 komentar

Penanak nasi saya Miyako MCM-507.
Bisa memasak, tetapi fungsi penghangat mati, lampu Led2 (warm) menyala. Apanya ya yang rusak?

Balas

Kalau seperti itu berarti "leaf-switch" nya bagus, mungkin yang rusak reed-relay atau elemen penghangatnya (warming-element).

Balas

Apakah reed-relay itu yang gambarnya di inset di tengah-tengah antara gambar atas dan bawah?

Kalau ya saya sudah mencoba pakai testpen (saya tidak punya avometer) terminal input dan outputnya dialiri arus listrik (lampu testpen menyala). Dengan demikian saya berkesimpulan bahwa warming-elementnya yg rusak. Apakah analisa ini benar?

Kalau warming-element rusak, menurut artikel bapak Sandi diatas, 'selamat tinggal' fungsi penghangat?

Terima kasih.

Balas

Oo, bukan pak. Reed relay ada di samping tabung bagian dalam, biasanya tertutup lembaran alumunium foil panjang yang melingkar yang berisi warming element.
Bapak harus membuka tabung bagian dalam itu agar kelihatan bagian sampingnya. Temukan reed relay itu dan ukur dengan AVO-meter (posisi Ohm x10) dua kabel sambungannya. Dalam keadaan dingin dan rice cooker tidak disambungkan ke sumber AC220V seharusnya kedua kabel itu tersambung (jarum tester bergerak ke nol Ohm). Jika ternyata reed relay bagus, bisa jadi warming element nya yang rusak. Warming element nya adalah lembaran alumunium foil panjang yang menempel melingkar di sisi tabung dalam.
Untuk pengetesan2 sambungan memang mau tidak mau perlu AVO-meter pak. Sekarang ini AVO-meter tidak lagi menjadi barang mahal seperti dulu.

Ucapkan selamat tinggal jika yang rusak adalah elemen pemanas (heating element) rice-cooker yang fungsinya untuk memasak, bukan warming-element nya.
Selamat mencoba dan semoga berhasil pak...

Balas

Terima kasih atas penjelasannya. Saya akan coba membuka tabung bagian dalam dan memeriksa keduanya dengan avo meter. Mudah-mudahan saya berhasil.

Balas

Mas Sandi, untuk rice cooker yang overheat bagaimana ya?
Rice cooker bisa untuk memasak nasi, tapi ketika masuk mode warming, nasi jadi terlalu panas, terus cepat kuning / kering.

Mohon masukannya dan terimakasi.

Balas

Yg seperti itu memang bisa disebabkan oleh overheat ketika posisi warming (menghangatkan). Coba ganti elemen untuk warming-nya seperti reed-relay atau lembaran penghangatnya, caranya seperti yg sudah saya jelaskan untuk pertanyaan Deby Mangkualam di atas.
Nasi cepat kuning bisa juga disebabkan oleh kwalitas berasnya yg kurang bagus...

Balas

Makasih banyak ya mas Sandi

Balas

Numpang tanya ya mas Sandi,kalau lampu rice cooker hidup dua-duanya secara bersamaan dan kedip-kedip.itu apanya yang rusak ya?

Balas

Mas saya punya rice cooker miyako baru buat masak tp lampu mati semua tp nasi sudah matang itu gimana solusinya

Balas

Ya kalau sudah matang makan aja nasinya. He..he..he..

Balas

mas sandi, saya mau tanya rice cooker sanken saya hanya bisa warm saja. tapi jika saya pindahkan ke cook untuk tombolnya bisa, hanya saja lampu cooknya tidak menyala dan panasnya seperti penghangat. Jadinya ga bisa masak nasi. itu yg rusak dimananya ya mas?

mohon petunjuk

Balas

Yg rusak "leaf-switch" nya (lihat gambar di atas). Ganti aja, insyaa Allah beres.

Balas

Mas sandi, saya mau tanya
rice cooker mati, lampu led baik warm dan cook tidak menyala.
Namun ketika bagian bawahnya dibuka, saya coba tespen di semua terminalnya, tespen nyala semua.
Apakah ini juga thermofusenya ? Jika iya, dimana saya bisa beli dan pekiraan harganya ?
Atau ada kerusakan di tempat lain ?

Terima kasih

Balas

Ya, biasanya thermo-fuse nya yg rusak. Beli di toko spare-part elektronik. Kadang2 dijual juga di toko alat2 listrik. Harganya tidak mahal, di bawah rp 10 rb.

Balas

Mas, indikator cook and warm dua duanya hidup ketika dinyalakan. Apakah itu bisa menyebabkan konslet ?
Terimakasih

Balas

Mas sandi fungsi rice cooker normal tapi nasi cepat basi knp ya,komponen apa ya yg tidak berfungsi normal.terima kasih

Balas

Nasi cepat basi bisa disebabkan oleh :
1.Kwalitas beras kurang bagus.
2.Cara memasak kurang tepat. Sebagian beras tdk bisa dimasak dgn kadar air normal.
3.kerusakan pada unit reed-relay/magnet silindris di dalam "warming element". Jika ini yg terjadi, ganti aja reed-relay/magnet silindris nya jika memungkinkan, atau ganti satu set lembaran tempel warming-element nya.

Balas

Mas kalau rice cooker saya saya baru beli 5 hari..
Tiba" saat saya colokkan kok gak nyala lmpu led nya ya.dan gak panas panas yang dimasak.Apanya yang rusak ya..Mohon pencerahannya.

Balas

Rice cooker yg belum lama dipakai lebih sering tidak berfungsi karena thermal-fuse nya putus. Untuk langkah pengecekan yg lengkap silakan ikuti tulisan di atas.

Balas

Mas penanak nasi aku merk
miyako.
Masalahnya,kalau nasiknya
udah matang tapi tidak mau
pindah saklarnya kepenghangat..kenapa ya

Balas

Kalau nasinya sudah masak tapi tidak pindah ke penghangat, pasti nasinya hangus. Tentang ini sudah saya jelaskan juga di tulisan di atas, mas Fikar.

Balas

Thermal fuse untuk ricecooker shinil MCW 1300L 900 watt itu nilainya berapa yah..?

Balas

Pakai aja yg 180 derajat-C 4A.

Balas

RC saya setelah matang, tidak bisa ke "warm" alhasil jadi gosong dan sdh sy ganti Sensor panas magnetik dengan yg baru, namun tetap sama, tetap tdk bisa ke "warm" setelah matang. mohon solusinya

Balas

Saya baru beli magic com philip di luar kota, saat panci dipasang lalu tekan tombol cook maka balik lagi ke warm. Sedang kalau gak ada panci, cook bisa dan gak balik ke warm.
Apanya yg rusak ya mas?
Mau retur jauh ke luar kota

Balas

Kemungkinan leaf-switch rusak, coba ganti dengan yang baru.

Balas

Magic com masak nasi normal cuma klo udah jegleg lampu warm tidak menyala...klo keadaan dingin lampu warm menyala

Balas

Silakan komentar dengan IDENTITAS YANG JELAS dan tidak menyertakan live-link atau spam.

Contact form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2013. Elektronika Spot - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger