logo blog
Blog Elektronika Spot
Pastikan untuk tidak melewatkan artikel yang mungkin anda ingin simak dengan melihat :Daftar Isi
Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Jenis-Jenis Kondensator

Advertisement

Untuk melengkapi tulisan sebelumnya tentang Mengenal Kondensator, berikut ini dikemukakan macam-macam jenis kondensator beserta ulasan singkat tentangnya.
Di antara jenis-jenis kondensator itu adalah :
  • Elco (Elektrolyt Condensator)
  • Kondensator non-polar
  • Varco (Variable Condensator)
  • Trimmer
  • Kondensator tantalum

condensator family

Elco dan kondensator non-polar
Elco adalah kondensator yang di dalamnya terdapat cairan elektrolit, umumnya berkapasitas antara 0,47µF sampai ribuan µF dan mempunyai polaritas tegangan pada elektroda-elektroda sambungannya (ada ketentuan elektroda positif dan elektroda negatif). Pemasangannya di dalam rangkaian harus mengikuti ketentuan polaritas setiap elektrodanya, tidak boleh terbalik.
Meskipun sebagian besar elco mempunyai polaritas tegangan pada elektroda-elektrodanya, namun ada sebagian kecil elco yang merupakan kondensator non-polar.
Kondensator non-polar (atau sering juga disebut kondensator bi-polar) adalah kondensator yang tidak mempunyai polaritas tegangan pada elektroda-elektroda sambungannya. Pemasangannya di dalam rangkaian tidak ada ketentuan polaritas, kedua elektroda boleh ditempatkan pada posisi yang mana saja.
Kondensator non-polar umumnya adalah kondensator yang tidak mengandung cairan elektrolit, hanya sebagian kecil kondensator non-polar yang mengandung cairan elektrolit.
Tentang nilai-nilai kapasitas standar elco dan kondensator non-polar serta kode angka yang menyatakan nilai kapasitansinya telah dibahas detil dalam ulasan terdahulu : Mengenal Kondensator.

Varco (Variable Condensator)
Adalah kondensator yang nilai kapasitansinya bisa diubah-ubah.
Varco terdiri dari dua kelompok lempengan-lempengan logam tipis yang saling berhimpitan namun tidak sampai terjadi kontak karena dibatasi dengan sekat isolator. Setiap kelompok lempengan tersambung dengan satu elektroda. Apabila tuas diputar satu kelompok lempengan akan keluar dari posisi yang saling berhimpit itu sedikit demi sedikit hingga pada posisi putaran tuas yang maksimal kedua kelompok lempengan akan terpisah dari keadaan saling berhimpit. Pada posisi ini kapasitas varco adalah dalam keadaan paling kecil.
Kapasitansi yang dimiliki sebuah varco tidak ada yang besar, maksimal hanya 500pF.
Fungsi varco adalah untuk “tuning” frekwensi radio.
Varco bersama dengan kumparan antena atau kumparan osilator membentuk sirkit L-C yang beresonansi pada frekwensi tertentu.
Dengan varco, kondensator di dalam sirkit L-C menjadi variabel maka frekwensi resonansi menjadi bisa diubah-ubah sesuai dengan yang diinginkan.
Karena pada radio-radio penerima umumnya menerapkan sistem heterodin di mana ada dua bagian tuning, maka varco pun selalu dibuat dalam dua unit kapasitas yang terpisah namun keduanya bersama-sama terkait kepada tuas putar pengubah-ubah kapasitas. Varco modern bahkan terdiri dari 4 unit kapasitas, dua unit untuk tuning penerima AM dan dua unit lainnya untuk tuning penerima FM. Bagian untuk tuning AM selalu berkapasitas lebih besar daripada bagian untuk tuning FM.

Trimmer
Adalah kondensator yang kapasitasnya bisa diubah-ubah juga sebagaimana varco, namun kapasitasnya hanya kecil saja, maksimal sekitar 15 sampai 50pF.
Trimmer dibuat hanya untuk keperluan setting (penepatan) dan disetel sekali saja ketika diperlukan.
Pada varco-varco yang diperuntukkan untuk tuning penerima radio, trimmer selalu sudah termasuk di dalamnya.

Kondensator tantalum
Adalah kondensator yang dibuat dari bahan khusus tantalum. Kondensator ini mempunyai polaritas tegangan pada elektroda-elektroda sambungannya sebagaimana elco, namun kondensator tantalum mempunyai keistimewaan yaitu performa yang lebih baik dibandingkan dengan elco biasa.
Kondensator tantalum mempunyai bentuk yang lebih kecil, koefisien suhu yang lebih kecil, toleransi penyimpangan dan tingkat bocoran yang lebih rendah. Karena sifat-sifat istimewanya ini kondensator tantalum sering menjadi kondensator yang lebih banyak dipilih untuk digunakan pada rangkaian-rangkaian “high performance” seperti VGA-card, sound-card, hard disk-driver dan yang lain-lainnya pada perangkat komputer.
Jika ada rangkaian timer di mana penentu pewaktuannya adalah resistor dan kondensator (rangkaian R-C), maka kondensator terbaik yang digunakan adalah kondensator tantalum.
Tetapi sayangnya, kondensator ini tidak selalu tersedia di pasaran umum pada setiap daerah. Kalaupun kondensator ini ada di jual orang di toko-toko elektronik, biasanya hanya yang berkapasitas 1 sampai 10µF saja, selain itu sulit ditemui. Jika hal ini sudah terjadi sedangkan keperluan terhadap kondensator tantalum cukup mendesak, maka saya pun biasanya akan menggunakan kondensator-kondensator tantalum “cabutan” dari motherboard usang atau card-card yang tidak terpakai.

Happy learning!
Enter your email address to get update from Admin .
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar dengan IDENTITAS YANG JELAS dan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Elektronika Spot - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger